5.093 Personel Gabungan Amankan Mudik dan Lebaran di Banten






Jakarta - Sebanyak 5.093 personel gabungan akan mengamankan mudik dan Lebaran di Banten. Personel gabungan ini berasal dari Polri, TNI, hingga Satpol PP.

Selain menggelar Operasi Ketupat Kalimaya, polisi mengarahkan Satgas Pangan untuk menjaga stabilitas harga di wilayah Banten. Operasi pasar sudah dilakukan di berbagai daerah, termasuk membuat pasar murah di seluruh Banten bekerja sama dengan Bulog.

Kepolisian bersama tim gabungan akan turun mengamankan mudik mulai 7 Juni hingga 24 Juni 2018.


Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan fokus pengamanan mudik akan dilakukan di Pelabuhan Merak. Ada beberapa rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan, khususnya untuk kendaraan roda dua.


Pertama, pemudik roda dua, menurutnya, akan diarahkan masuk Dermaga VI. Dermaga tersebut digunakan untuk menghindari adanya persilangan antara pemudik roda dua dan empat. Ketika terjadi kemacetan, menurutnya, roda dua akan disebar ke Dermaga I,II, III, IV, dan V.

"Kita lakukan rekayasa, yaitu sepeda motor Roda dua nanti akan kita arahkan masuk ke Dermaga VI. Nanti kita bagi ke dermaga lain sehingga tidak ada cross roda 4 dan 2," ujar Listyo kepada wartawan.

"Jadi bagaimana loading kapal keluar-masuk bisa jalan kurang dari 1 jam. Antrean-antrean di dermaga tidak panjang. Manajemen di dermaga penting itu yang mempengaruhi buntunya (kepadatan) sampai mana," pungkasnya.
(bri/fdn)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta-fakta Jaringan Penyuplai Sabu ke Artis Riza Shahab

Namanya Jembatan Setan, Tapi Kok Cantik Ya

Pria Ini Terobos Pelican Cross, Tabrak Perempuan Hingga Tewas