Berapa Harga 110 Kg Sabu yang Disita BNN? Ini Penjelasan Buwas












Jakarta -

Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Ditjen Bea Cukai Kemenkeu berhasil mengamankan 110 kilogram sabu dan 18.300 butir ekstasi. Kepala BNN Komjen Budi Waseso menjelaskan harga 1 kg sabu bisa mencapai Rp 2,5 miliar

"Harga 1 kilogram ini sabu, ini Rp 1 miliar paling murah. Sudah diobral itu, super obral itu Rp 1 miliar. Kalau harga umumnya Rp 2 miliar sampai Rp 2,5 miliar. Emas itu 1 gram harganya sekitar Rp 580 ribu, kalau ini (sabu) Rp 2 juta. Tapi lebih laku ini," kata Buwas di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Namun, Buwas tak menjelaskan soal jumlah kerugian negara akibat peredaran gelap narkoba. Dia hanya menyebut nyawa tak bisa dinilai dengan materi.

"Nyawa tidak bisa dinilai dengan materi," ucapnya.

Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut ada GDP (Gross Domestic Product) loss sekitar 1 persen akibat perdagangan ilegal narkoba di seluruh dunia. Untuk Indonesia sendiri ia memperkirakan angkanya mencapai Rp 135 triliun.

"Kalau nilainya yang ini kan dikatakan mencapai Rp 110 miliar kalau kita lihat total seluruh dunia eatimasi yang disebut illegal drug trafficking itu bisa mencapai 1 persen GDP. Jadi di Indonesia kita bicara tentang Rp 135 triliun. Kalau ko sumsi yang di-capture itu PDB (Produk Domestik Bruto) negara tidak memasukkan aktivitas ilegal. Kalau GDP loss, estimasi yang muncul secara internasional 1 persen," ujar Sri Mulyani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta-fakta Jaringan Penyuplai Sabu ke Artis Riza Shahab

Namanya Jembatan Setan, Tapi Kok Cantik Ya

Pria Ini Terobos Pelican Cross, Tabrak Perempuan Hingga Tewas